Tentang Aplikasi yap

Apa itu yap ?
yap adalah fasilitas pembayaran transaksi elektronik yang dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan sumber dana yang bersumber dari Kartu Kredit BNI, rekening kartu debit* atau rekening uang elektronik* (UnikQu). yang dapat diakses menggunakan smartphone berbasis sistem operasi iOS dan Android.
*) Tahap awal fitur akan berlaku untuk sumber dana Kartu Kredit BNI terlebih dahulu. Untuk Kartu Debit BNI dan Uang Elektronik.
Apa yang harus dilakukan nasabah untuk dapat dinikmati fasilitas yap?
Agar dapat menikmati fasilitas yap nasabah perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:
  • (i). Melakukan download Aplikasi yap yang ada di PlayStore (ponsel dengan platform Android) dan Appstore (ponsel dengan platform iOS) dan kemudian melakukan instalasi aplikasi ke smartphone nasabah.
  • (ii). Melakukan registrasi keanggotaan atau kepesertaan yap. Berikut panduan untuk melakukan registrasi yap

  • 1. Buka aplikasi dan pilih button link “Daftar” untuk proses registrasi

  • 2. Bacalah syarat dan ketentuan penggunaan Layanan yap secara seksama, kemudian berikan pernyataan persetujuan dengan memberikan tanda checklist “√”

  • 3. Pilihlah default bahasa yang Anda gunakan pada aplikasi yap Anda.

  • 4. Masukkan data atau informasi pribadi Anda di bagian Informasi Personal pada bagian registrasi. (1. Nama 2. Tgl. Lahir 3. Kewarganegaraan 4. NIK)

  • 5. Masukkan data atau informasi pribadi Anda di bagian Informasi Kontak pada bagian registrasi. (1. Alamat 2. No. Telepon)

  • 6. Masukkan data atau informasi pribadi Anda di bagian Informasi Kartu Kredit BNI yang akan didaftarkan pada bagian registrasi Catatan: Untuk Pendaftaran kartu kredit tambahan (suplement) data tanggal lahir yang harus dimasukkan adalah data tanggal lahir Pemegang Kartu Kredit Utama yang tersimpan di sistem Kartu Kredit BNI.

  • 7. Untuk otentifikasi pendaftaran Kartu Kredit BNI yang Anda lakukan, anda akan diminta untuk meng-input 6 digit PIN Kartu Kredit BNI Anda. Catatan: 6 digit PIN yang diminta sebagaimana PIN Kartu Kredit yang dipergunakan untuk transaksi di mesin ATM dan mesin EDC di merchant

  • 8. Buatlah user ID yang akan anda pergunakan setiap log in ke aplikasi yap. User ID Anda berupa alamat email. Pastikan anda mendaftarkan alamat email yang valid dan aktif sebagai user ID Anda.

  • 9. Selain user ID, Anda juga akan diminta untuk membuat mPIN. mPIN merupakan 4 digit kode berupa angka yang Anda perlukan setiap kali akan melakukan log in ke aplikasi yap

  • 10. Setelah membuat user ID dan 4 digit mPIN, anda akan menerima SMS yang dikirimkan ke nomor ponsel Anda yang terdaftar di sistem BNI, berisi 4 digit One Time Password (OTP) yang harus Anda masukkan ke aplikasi yap sebagai validasi pendaftaran.

  • 11. Masukkan OTP yang telah Anda terima melalui SMS dengan benar

  • 12. Jika seluruh inputan data yang Anda berikan telah sesuai, maka Anda akan memperoleh konfirmasi bahwa registrasi yang telah anda lakukan berhasil.
  • Siapakah yang dapat menikmati fasilitas yap?
    Fasilitas yap dapat dinikmati oleh nasabah BNI sebagai berikut:
    a. Pemegang Kartu Kredit BNI
    b. Nasabah rekening Kartu Debit BNI
    c. Nasabah Uang Elektronik BNI
    Cara Top Up UnikQu melalui EDC Mini ATM dan EDC Purchase
    • 1. Pilih “MAIN MENU”
    • 2. Pilih “UANG ELEKTRONIK”
    • 3. Pilih “UNIKQU”
    • 4. Pilih “TOP UP”
    • 5. Gesek kartu ATM Anda (BNI / Prima / Bersama)
    • 6. Pilih Button Hijau / Oke
    • 7. Pilih “TABUNGAN”
    • 8. Masukkan nomor handphone UnikQu user
    • 9. Masukkan PIN kartu ATM
    • 10. Pilih nominal isi saldo
    • 11. Denom Rp. 10.000,-; Rp. 20.000,-; Rp. 50.000,-; Rp. 100.000,-; Rp. 250.000,-; Rp. 500.000,-
    • 12. Verifikasi transkasi
    • 13. Masukkan kembali PIN kartu ATM
    • 14. Transaksi berhasil ditandai dengan keluarnya struk / bukti transaksi


    Mengapa yap

    yap adalah aplikasi yang menjadikan pembayaran menjadi lebih mudah. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menjadikan yap bagian dari hidup anda.

     
    1 Hal-hal apa saja yang menyebabkan transaksi dengan menggunakan yap gagal atau tidak berhasil?
    Secara prinsip kegagalan transaksi yap dapat disebabkan oleh beberap hal sebagai berikut:
    a. Sebagaimana ketentuan yang berlaku pada transaksi secara konvensional (transaksi di mesin EDC merchant), terdapat beberapa kondisi kartu yang menyebabkan kartu tidak dapat digunakan untuk transaksi misal; kartu belum diaktivasi, kartu dalam kondisi deliquent (terlambat melakukan pembayaran tagihan), kartu dalam kondisi lainnya sehingga transaksi tidak dapat dilakukan.
    b. PIN 6 digit yang diinput oleh Nasabah salah atau tidak sesuai.
    c. Kondisi jaringan/network device smartphone nasabah dalam kondisi yang tidak baik.
    d. Data Plan (paket data internet) pada device smartphone nasabah idak mencukupi.
    e. QR merchant tempat transaksi dilakukan tidak valid.
    f. Berikut adalah beberapa ilustrasi notifikasi gagal transaksi pada yap
    2 Nasabah lupa PIN Kartu Kredit yang diperlukan
    untuk proses registrasi dan transaksi melalui yap,
    apa yang harus dilakukan?
    PIN 6 digit Kartu Kredit BNI dapat diperoleh Nasabah dengan beberapa cara sebagai berikut:
    (i). Mengirimkan SMS ke 3346 dengan format :

      A. Untuk Permintaan PIN Kartu Utama, ketik: RPIN [spasi] 16 digit Nomor Kartu Utama [spasi] Tgl Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy)
      B. Untuk Permintaan PIN Kartu Tambahan, ketik : RPIN [spasi] 16 digit Nomor Kartu Tambahan [spasi] Tgl Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy)

    Pastikan Anda menggunakan nomor ponsel yang telah terdaftar di sistem BNI untuk Kartu Kredit BNI Anda saat mengirimkan SMS permintaan PIN.
    (ii). Menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046
    3 Apa yang terjadi jika Nasabah salah memasukan
    data 4 digit mPIN secara berturut-turut
    saat hendak log in ke Aplikasi yap sebanyak 3x?
    Akun yap akan ter-blocked sementara jika Pengguna yap salah memasukkan mPIN aplikasi yap sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut (account terblokir sementara). Pembukaan blokir sementara atas akun yap dapat dilakukan dengan menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.
    4 Apa yang terjadi jika Nasabah salah memasukkan
    6 digit PIN Kartu Kredit secara berturut-turut
    saat hendak melakukan transaksi melalui
    yap sebanyak 5x?
    Kartu Kredit BNI Nasabah akan ter-blocked sementara jika Nasabah salah memasukkan 6 digit PIN Kartu Kredit BNI sebanyak 5 (lima) kali berturut-turut saat melakukan transaksi. Kesalahan input PIN di mesin ATM akan turut dihitung sebagai kesalahan input PIN. Pembukaan blokir sementara atas Kartu Kredit BNI Nasabah dapat dilakukan dengan menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call di 1500046.
    5 Adakah pembatasan nilai transaksi melalui yap?
      Nilai maksimum transaksi melalui yap adalah sejumlah Rp 20juta/hari/kartu dan sesuai dengan sisa limit Kartu Kredit Nasabah (mana yang lebih kecil).
    6 Biaya-biaya apa saja yang timbul atas transaksi menggunakan Kartu Kredit melalui yap?
      Biaya – biaya yang timbul atas transaksi dan akan dibebankan ke nasabah adalah:
      a. Biaya penggunaan paket data internet sesuai dengan pemakaian operator telekomunikasi oleh nasabah untuk akses dan penggunaan aplikasi yap.
      b. Biaya – biaya lain sebagaimana penggunaan kartu untuk transaksi di merchant yang saat ini berlaku seperti pembebanan bunga jika pembayaran tidak penuh ataupun pembayaran penuh yang dilakukan setelah lewat tanggal jatuh tempo tagihan, biaya keterlambatan pembayaran tagihan, biaya pelampauan batas kredit.
    7 Amankah transaksi dengan menggunakan yap?
    Transaksi menggunakan yap dipastikan aman. Pada yap terdapat beberapa mekanisme pengamanan data dan transaksi sebagai berikut:
    a. 1 User ID hanya dapat digunakan untuk log in pada 1 device/smartphone yang telah terinstall aplikasi yap.
    b. Penggunaan One Time Password (OTP) untuk keperluan validasi Nasabah pada saat registrasi dan penambahan kartu terdaftar di aplikasi yap. OTP akan dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar di sistem BNI.
    c. Untuk validasi atas pendaftaran Kartu ke aplikasi yap juga digunakan beberapa data berikut:
    • Kesesuaian data nomor kartu di sistem BNI
    • Kesesuaian data tanggal lahir Pemegang Kartu di sistem BNI
    • Kesesuaian data masa berlaku kartu di sistem BNI
    • PIN 6 digit Kartu yang akan didaftarkan.
    d. Penggunaan user ID dan 4 digit mPIN untuk log in
    e. 6 digit PIN Kartu akan selalu dipergunakan sebagai alat otentifikasi pada setiap transaksi dengan menggunakan yap.
    8 Apa yang harus dilakukan oleh Nasabah jika ponsel
    atau smartphone yang telah terinstall aplikasi yap
    dan terdapat Kartu terdaftar untuk transaksi hilang
    atau berpindah tangan?
      Nasabah harus segera melaporkan kehilangan ponsel atau smartphone yang dimaksud ke Layanan BNI Call 24 Jam
      untuk melakukan pemblokiran user ID yap serta mengajukan permintaan reset keanggotaan yap
      pada ponsel yang lama, sehingga Nasabah dapat melakukan registrasi keanggotaan lagi pada ponsel atau smartphone yang baru.
    9 Apa yang harus dilakukan oleh Nasabah
    jika Kartu Kredit yang telah terdaftar pada
    aplikasi yap hilang atau berpindah tangan?
    Nasabah harus segera melaporkan kehilangan kartu yang dimaksud ke Layanan BNI Call 24 Jam untuk melakukan pemblokiran dan pengajuan penggantian Kartu yang hilang, sesuai dengan prosedur pelaporan kartu hilang yang saat ini berlaku di BNI.
    10 Apa yang harus dilakukan oleh Nasabah jika ingin
    melakukan penggantian ponsel atau smartphone
    yang telah terinstall aplikasi yap dan terdapat Kartu terdaftar untuk transaksi?
      Nasabah dapat melakukan panggilan ke Layanan BNI Call 24 Jam untuk mengajukan permintaan reset keanggotaan yap pada ponsel yang lama, sehingga Nasabah dapat melakukan registrasi keanggotaan lagi pada ponsel atau smartphone yang baru



    Hubungi kami

    Bila anda mempunyai pertanyaan, keluhan atau kritik dan saran untuk perkembangan Aplikasi pembayaran yap, silahkan isi form berikut ini secara lengkap.

    Success/Error Message Goes Here